Peduli Keselamatan Berkendara, IMBI Gelar Safety Riding

BIG REVV ID, 30 January 2017

BIG REVV - Ikatan Motor Besar Indonesia (IMBI) bersama IMBI Djadoel dan Polda Metro Jaya menggelar safety riding di Polda Metro Jaya, Minggu 28 Januari 2017. Acara yang dihadiri oleh 42 klub motor besa se-Jabodetabek, Bandung dan wilayah lainnya ini bertujuan untuk meningkatkan kepedulian akan pentingnya keselamatan berkendara. IMBI Safety Riding juga dihadiri oleh jajaran Polda Metro Jaya, Kapolda Metro Jaya, Irjen. Pol. Drs. Mochamad Iriawan, SH, MM, MH, Dirlantas Polda Metro Jaya, Kombes. Pol. Drs. Ermayudi Sumarsono juga Ketua Umum IMBI, Jend. Pol. (P) Drs. Roesmanhadi.

Dalam sambutannya Kapolda Metro Jaya menjelaskan di tiap harinya terjadi 4 kecelakaan berkendara. Maka dari itu kesadaran serta kepedulian akan keselamatan berkendara harus selalu ditingkatkan, salah satunya dengan menggelar safety riding. "Semua pengendara motor atau bikers sama, tidak ada yang istimewa. Semua harus mematuhi peraturan lalu lintas untuk keselamatan bersama. Kecelakaan terjadi karena adanya pelanggaran," ujar Iriawan yang menambahkan semua bikers harus harus memiliki Surat Izin Mengemudi (SIM) khusus motor berkapasitas besar di atas 250 cc.

Seperti yang diketahui SIM C (khusus pengendara motor) telah digolongkan menjadi tiga kategori yakni C, C1, dan C2. Masing-masing SIM diperuntukkan untuk kapasitas mesin di bawah 250 cc (SIM C), kapasitas mesin di atas 250 cc (SIM C1), dan motor besar di atas 500 cc (SIM C2).

Iriawan juga mengatakan Polda Metro Jaya sangat terbuka bagi siapa saja termasuk bagi para bikers motor besar untuk mengadakan berbagai kegiatan keselamatan berkendara. "Jadi jangan segan-segan untuk datang kesini dan menggunakan tempat untuk latihan safety riding, kami dari kepolisian akan selalu mendukung kegiatan ini." (BIG REVV)